BIMTEK dan Sertifikasi Kompetensi Pendamping UMKM

BIMTEK dan Sertifikasi Kompetensi Pendamping UMKM

Dalam sorotan penuh kebanggaan, Dinas Koperasi UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Pelalawan menyelenggarakan Bimbingan teknis dan sertifikasi uji kompetensi pendamping UMKM pada tanggal 28 November - 1 Desember 2023 di Gran Central Hotel Pekanbaru.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Hanafie, S.Sos, M.Si, didampingi oleh Kepala Bidang UKM Edison, S.Pd, M.IP, dan Pejabat Fungsional Koperasi, Masroni, ST, Lila Purnama Sari, SE, Ari Lismawita, SE, serta seluruh staf bidang UKM sebagai penggagas kegiatan ini.

Kegiatan berlangsung dalam suasana yang hikmat dengan pemberi materi berasal dari Star Training and Consulting CV. Tiga Bhakti Utama, tenaga ahli yang sangat berpengalaman di bidangnya. Beberapa di antaranya telah melahirkan banyak pendamping hebat di berbagai kementerian dan lembaga.

Antusiasme peserta tampak sangat tinggi dalam menerima materi, diwarnai dengan semangat tinggi dalam menyelesaikan tugas bimtek yang menantang. Pembelajaran di ruang kelas berlangsung sampai larut malam, menjelang uji kompetensi, seluruh peserta berjibaku menyelesaikan tugas sampai subuh, bahkan sebahagian tanpa tidur sedikitpun.

Dalam keunikan dan semangat yang luar biasa, hampir seluruh peserta berkomitmen untuk menyelesaikan tugas, yakni mengikuti uji kompetensi.

Dalam kegiatan uji kompetensi dilakukan oleh dua asesor, yaitu Bapak Ruli dan Ibu Tessa dari Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Nusantara (LSP-K Nusantara).

Di akhir kegiatan, kelayakan peserta diuji kompetensinya untuk menentukan apakah peserta layak dinyatakan kompeten dan mendapat Sertifikat Kompetensi sebagai Pendamping UMKM yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Menariknya, pemateri memberikan apresiasi khusus pada Pemerintah Kabupaten Pelalawan dan menyatakan betapa bangganya daerah ini menjadi yang pertama di Pulau Sumatera yang mampu menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Kompetensi pendamping UMKM pada tahun ini. Peserta berjumlah 20 orang terdiri dari penyuluh koperasi lapangan, konsultan plut kumkm, staf plut kumkm, dan tenaga penyuluh lapangan industri kecil dan menengah di lingkungan dinas koperasi UKM Perindustrian dan perdagangan kabupaten Pelalawan.

Kegiatan ini menjadi semangat dan kebanggaan tersendiri dalam pengembangan sektor UMKM di daerah ini. Di acara penutupan, Kepala Bidang UKM Edison S.Pd, M.IP, berpesan kepada seluruh peserta bahwa kita wajib bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada pemerintah daerah atas anggaran yang telah disediakan.

Pelalawan adalah daerah pertama di Riau bahkan Sumatera yang melaksanakan pelatihan kompetensi ini. Tentu harapan pemerintah agar tenaga pendamping UMKM yang telah lulus uji kompetensi ini akan dapat membantu UMKM di Kabupaten Pelalawan tumbuh dan berkembang sesuai dengan visi Pelalawan "Maju Ekonomi". Semoga.

Kategori
:
Bidang UMKM
Tanda :
OPD PelalawanBupati PelalawanPelalawan
BAGIKAN :
Tweet Share Share
BERITA TERKAIT :